Essay Digital marketing
Digital marketing
Mungkin Anda semakin
hari semakin sering mendengar istilah Pemasaran Digital atau Digital
Marketing, baik melalui percakapan sehari – hari di masyarakat atau
melalui media massa. Apa perbedaannya dengan pemasaran konvensional ? Apa pentingnya
dan kegunaan Digital Marketing untuk bisnis anda ? Apakah bisnis Anda sudah
saatnya harus melakukan Digital Marketing ? Apa hubungannya Pemasaran Digital
dengan Internet ? Mungkin Anda selama ini sering menerima SMS iklan, apakah itu
juga termasuk Digital Marketing ?
Seiring dengan
meluasnya pemakaian internet dalam berbagai aspek kehidupan masa kini, Digital
Marketing menjadi semakin populer dan penting. Secara umum, Digital Marketing
adalah segala bentuk aktivitas pemasaran produk atau jasa menggunakan teknologi
digital, terutama Internet, dan termasuk telepon seluler.
Digital Marketing,
yang telah berkembang sejak tahun 1990-an, telah merubah strategi perusahaan
dan brands menggunakan teknologi untuk pemasaran. Seiring
dengan semakin banyaknya perusahaan yang memasukkan pemasaran digital sebagai
salah satu strategi pemasarannya, dan semakin banyaknya orang yang berbelanja
secara online, kampanye pemasaran digital menjadi suatu keharusan
dan semakin efisien.
Apa saja yang termasuk
dalam Digital Marketing? Lima hal di bawah ini termasuk dalam Digital
Marketing.
1. SMS Marketing
Jenis pemasaran ini
termasuk paling kuno dari semua jenis Digital Marketing. Penyedia layanan
telepon seluler biasanya menyediakan layanan beriklan melalui SMS ( text
message ) kepada perusahaan – perusahaan yang ingin beriklan kepada
para pengguna telepon seluler mereka. Iklan disajikan dalam bentuk teks singkat
yang kemudian dikirimkan ke para pengguna telepon seluler.
Pemasang iklan SMS ini
bisa memilih target penerima SMS iklan berdasarkan segmentasi tertentu,
misalnya usia, lokasi tempat tinggal, besarnya penghasilan per bulan, dan lain
sebagainya.
Pemasang iklan SMS
seringkali menggunakan iklan SMS ini untuk mendistribusikan informasi mengenai
program diskon produk atau jasa mereka, produk atau jasa baru mereka, atau
sekedar mengarahkan penerima SMS iklan untuk mengakses situs web pemasang
iklan.
2. E-mail Marketing
Bisa dikatakan Email
Marketing lebih kuno dibandingkan SMS Marketing, karena
Internet sendiri sudah lahir jauh sebelum teknologi telepon seluler lahir di
dunia ini.
E-mail Marketing adalah salah satu bentuk pemasaran
digital yang menggunakan e-mail sebagai alat pemasaran satu –
satunya. Isi email sendiri bisa berupa berbagai jenis konten
pemasaran, misalnya memperkenalkan profil perusahaan, memperkenalkan produk
atau jasa, mengirimkan artikel baru mengenai perkembangan perusahaan, dan lain
sebagainya.
E-mail Marketing bisa
dilakukan dengan bantuan alat ( software ). Alat tersebut ada
yang tersedia dan bisa dipakai secara gratis, namun ada juga yang berbayar.
3. Search Engine
Marketing
Pasti Anda sudah
sering sekali menggunakan mesin pencarian (Search Engine), seperti
Google misalnya, untuk mencari berbagai macam informasi yang anda perlukan.
Pada setiap halaman hasil
pencarian berdasarkan keyword tertentu (Search Engine
Result Pages or SERP), selalu ada dua bagian, yaitu hasil
pencarian yang berupa iklan dan hasil pencarian organik (bukan iklan).
Berdasarkan dua kategori hasil pencarian ini, kita bisa membagi Search
Engine Marketing menjadi dua bagian, yaitu:
- Pay
Per Click Ads ( PPC Ads ).
Mesin pencarian seperti Google atau Bing menyediakan layanan iklan kepada
para pemasang iklan. Iklan tersebut dibayar berdasarkan jumlah orang yang
melakukan klik pada hasil pencarian. Iklan bisa dipasang berdasarkan keywords tertentu.
Misalnya saja, anda seorang pemilik dan pengelola Coffee Shop XYZ
di kota Jakarta. Anda bisa memasang PPC Ads berdasarkan keywords seperti
“coffee shop Jakarta”, “coffee shop di Jakarta”, “XYZ”, “coffee Jakarta”,
dan keywords lainnya.
- Optimasi
Mesin Pencarian ( Search Engine Optimization or SEO ). SEO adalah
segala usaha yang dilakukan agar supaya alamat situs web anda berada di
halaman satu hasil pencarian berdasarkan keywords tertentu
secara organik. Memang ketika anda berhasil mengusahakan alamat situs web
anda di halaman satu hasil pencarian secara organik berdasarkan keywords tertentu,
anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membayar PPC Ads.
Namun proses anda mengusahakan hal tersebut membutuhkan biaya yang besar.
Berikut ini beberapa alasan kita harus
memiliki strategi digital marketing:
Tanpa Arah
Kebanyakan perusahaan tidak memiliki tujuan strategis yang
jelas. Apa yang mereka ingin capat, siapa pedoman / benchmarknya, dan anggaran
yang akan dikeluarkan. Terutama dalam hal mendapatkan pelanggan baru atau
membangun hubungan yang lebih dalam dengan customer yang sudah ada melalui
media online. Jika Anda tidak memiliki tujuan, Anda mungkin tidak menempatkan
sumber daya yang cukup untuk mencapai tujuan dan Anda tidak mengevaluasi
melalui analisis apakah Anda mencapai tujuan tersebut.
Pangsa Pasar Online Bias
Biasnya pangsa pasar di media digital memang sangat bias, hal
ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya alat pengukur pangsa pasar
online tersebut. Permintaan pelanggan untuk layanan online seringkali
diremehkan, bukan prioritaslah, tidak ada budget dan sebagainya. Dengan ini,
media online tidak dapat terukur dengan mudah. Apakah mungkin anda tidak
mengerti pangsa pasar, atau anda yang pura-pura tidak mau ribet untuk mengenali
pasar anda. Dinamika yang cepat, sudah bukan sesuatu yang mudah dilampaui. Akan
tetapi sangat kontras dengan pasar offline, pasar online sejatinya ditopang
oleh kekuatan pasar offline. Adapun hal tersebut mencakup perilaku, pesaing,
proposisi dan pilihan untuk komunikasi pemasaran.
Start Up adalah saingan terberat
Jika Anda tidak mencurahkan sumber daya yang cukup untuk digital
marketing atau Anda menggunakan pendekatan ad-hoc tanpa strategi yang jelas, maka
anda sudah dipastikan akan kalah telak! Perusahaan startup selain scopnya
kecil, didalamnya terdapat berbagai orang yang berkualitas. Jika kita tidak
bisa melampaui mereka, minimal kita mengikut mereka dengan momentum yang pas.\
Digital marketing memberikan beberapa manfaat yaitu:
1.
Menghubungkan Anda dengan Konsumen di Internet
Saat
ini konsumen sudah tak lagi mencari informasi mengenai suatu produk barang atau
jasa melalui halaman iklan baris. Saat ini, setidaknya 80% konsumen menggunakan
internet untuk memperoleh informasi mengenai produk barang atau jasa dengan
lebih mudah dan nyaman.
Dengan
banyaknya alat dan channel yang tersedia dalam pemasaran digital, pemilik usaha
dapat mencapai target konsumen mereka yang rata-rata menghabiskan waktu mereka
mencari informasi melalui internet.
2.
Menghasilkan Penjualan yang Tinggi
Melalui
digital marketing, Anda dapat menjangkau lebih banyak khalayak yang Anda
targetkan. Anda juga dapat menghasilkan lead (prospek) dan mencapai peningkatan konversi (penjualan) sampai
24%. Pemasaran digital ‘membuka’ jalan upaya pemasaran yang akan membuahkan
hasil yang menguntungkan.
3.
Membuat Anda Lebih Hemat
Pemasaran
Digital Gartnet mengeluarkan laporan yang menunjukkan bagaimana para pengusaha
kecil kini sudah mendapatkan banyak keuntungan dari pemasaran digital.
Contohnya saja, sebanyak 40% dari mereka melaporkan adanya efisiensi biaya yang
ada pada usaha mereka.
Usaha
kecil yang dimaksudkan disini adalah usaha atau perusahaan yang memiliki sumber
daya terbatas. Pemasaran digital kemudian bisa membantu pemilik usaha, tidak
hanya menghasilkan generasi dan konsumen baru, namun juga membantu menghemat
pengeluaran pengusaha.
4.
Mengaktifkan Layanan Pelanggan Real-Time
Pemasaran
digital menawarkan Anda adanya mekanisme respon konsumen atau pelanggan
real-time, yang akan memberikan dampak besar pada keberhasilan usaha Anda
menurut laporan dari eMarketer.
Keuntungan
dari chanel pelayanan yang disediakan oleh pemasaran digital diantaranya adalah
menghasilkan pendapatan yang lebih besar, mempertahankan pelanggan dan
memberikan kepuasan layanan terhadap konsumen.
Jumlah
penduduk di Indonesia cukup banyak,hal itu yang membuat pengguna internet di
Indonesia begitu banyak dan banyak di Antara mereka memulai bisnis digital
marketing.bukan hanya itu saja,waktu yang dihabiskan untuk mengakses
menggunakan internet bisa sekitaran 8 jam
Komentar
Posting Komentar