Essay Digital marketing

 

Digital marketing

Mungkin Anda semakin hari semakin sering mendengar istilah Pemasaran Digital atau Digital Marketing, baik melalui percakapan sehari – hari di masyarakat atau melalui media massa. Apa perbedaannya dengan pemasaran konvensional ? Apa pentingnya dan kegunaan Digital Marketing untuk bisnis anda ? Apakah bisnis Anda sudah saatnya harus melakukan Digital Marketing ? Apa hubungannya Pemasaran Digital dengan Internet ? Mungkin Anda selama ini sering menerima SMS iklan, apakah itu juga termasuk Digital Marketing ?

Seiring dengan meluasnya pemakaian internet dalam berbagai aspek kehidupan masa kini, Digital Marketing menjadi semakin populer dan penting. Secara umum, Digital Marketing adalah segala bentuk aktivitas pemasaran produk atau jasa menggunakan teknologi digital, terutama Internet, dan termasuk telepon seluler.

Digital Marketing, yang telah berkembang sejak tahun 1990-an, telah merubah strategi perusahaan dan brands menggunakan teknologi untuk pemasaran. Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang memasukkan pemasaran digital sebagai salah satu strategi pemasarannya, dan semakin banyaknya orang yang berbelanja secara online, kampanye pemasaran digital menjadi suatu keharusan dan semakin efisien.

Apa saja yang termasuk dalam Digital Marketing? Lima hal di bawah ini termasuk dalam Digital Marketing.

1. SMS Marketing

Jenis pemasaran ini termasuk paling kuno dari semua jenis Digital Marketing. Penyedia layanan telepon seluler biasanya menyediakan layanan beriklan melalui SMS ( text message ) kepada perusahaan – perusahaan yang ingin beriklan kepada para pengguna telepon seluler mereka. Iklan disajikan dalam bentuk teks singkat yang kemudian dikirimkan ke para pengguna telepon seluler.

Pemasang iklan SMS ini bisa memilih target penerima SMS iklan berdasarkan segmentasi tertentu, misalnya usia, lokasi tempat tinggal, besarnya penghasilan per bulan, dan lain sebagainya.

Pemasang iklan SMS seringkali menggunakan iklan SMS ini untuk mendistribusikan informasi mengenai program diskon produk atau jasa mereka, produk atau jasa baru mereka, atau sekedar mengarahkan penerima SMS iklan untuk mengakses situs web pemasang iklan.

2. E-mail Marketing

Bisa dikatakan Email Marketing lebih kuno dibandingkan SMS Marketing, karena Internet sendiri sudah lahir jauh sebelum teknologi telepon seluler lahir di dunia ini.

E-mail Marketing adalah salah satu bentuk pemasaran digital yang menggunakan e-mail sebagai alat pemasaran satu – satunya. Isi email sendiri bisa berupa berbagai jenis konten pemasaran, misalnya memperkenalkan profil perusahaan, memperkenalkan produk atau jasa, mengirimkan artikel baru mengenai perkembangan perusahaan, dan lain sebagainya.

E-mail Marketing bisa dilakukan dengan bantuan alat ( software ). Alat tersebut ada yang tersedia dan bisa dipakai secara gratis, namun ada juga yang berbayar.

3. Search Engine Marketing

Pasti Anda sudah sering sekali menggunakan mesin pencarian (Search Engine), seperti Google misalnya, untuk mencari berbagai macam informasi yang anda perlukan.

Pada setiap halaman hasil pencarian berdasarkan keyword tertentu (Search Engine Result Pages or SERP), selalu ada dua bagian, yaitu hasil pencarian yang berupa iklan dan hasil pencarian organik (bukan iklan). Berdasarkan dua kategori hasil pencarian ini, kita bisa membagi Search Engine Marketing menjadi dua bagian, yaitu:

  • Pay Per Click Ads ( PPC Ads ). Mesin pencarian seperti Google atau Bing menyediakan layanan iklan kepada para pemasang iklan. Iklan tersebut dibayar berdasarkan jumlah orang yang melakukan klik pada hasil pencarian. Iklan bisa dipasang berdasarkan keywords tertentu. Misalnya saja, anda seorang pemilik dan pengelola Coffee Shop XYZ di kota Jakarta. Anda bisa memasang PPC Ads berdasarkan keywords seperti “coffee shop Jakarta”, “coffee shop di Jakarta”, “XYZ”, “coffee Jakarta”, dan keywords lainnya.
  • Optimasi Mesin Pencarian ( Search Engine Optimization or SEO ). SEO adalah segala usaha yang dilakukan agar supaya alamat situs web anda berada di halaman satu hasil pencarian berdasarkan keywords tertentu secara organik. Memang ketika anda berhasil mengusahakan alamat situs web anda di halaman satu hasil pencarian secara organik berdasarkan keywords tertentu, anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membayar PPC Ads. Namun proses anda mengusahakan hal tersebut membutuhkan biaya yang besar.

Berikut ini beberapa alasan kita harus memiliki strategi digital marketing:

Tanpa Arah

Kebanyakan perusahaan tidak memiliki tujuan strategis yang jelas. Apa yang mereka ingin capat, siapa pedoman / benchmarknya, dan anggaran yang akan dikeluarkan. Terutama dalam hal mendapatkan pelanggan baru atau membangun hubungan yang lebih dalam dengan customer yang sudah ada melalui media online. Jika Anda tidak memiliki tujuan, Anda mungkin tidak menempatkan sumber daya yang cukup untuk mencapai tujuan dan Anda tidak mengevaluasi melalui analisis apakah Anda mencapai tujuan tersebut.

Pangsa Pasar Online Bias

Biasnya pangsa pasar di media digital memang sangat bias, hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya alat pengukur pangsa pasar online tersebut. Permintaan pelanggan untuk layanan online seringkali diremehkan, bukan prioritaslah, tidak ada budget dan sebagainya. Dengan ini, media online tidak dapat terukur dengan mudah. Apakah mungkin anda tidak mengerti pangsa pasar, atau anda yang pura-pura tidak mau ribet untuk mengenali pasar anda. Dinamika yang cepat, sudah bukan sesuatu yang mudah dilampaui. Akan tetapi sangat kontras dengan pasar offline, pasar online sejatinya ditopang oleh kekuatan pasar offline. Adapun hal tersebut mencakup perilaku, pesaing, proposisi dan pilihan untuk komunikasi pemasaran.

Start Up adalah saingan terberat

Jika Anda tidak mencurahkan sumber daya yang cukup untuk digital marketing atau Anda menggunakan pendekatan ad-hoc tanpa strategi yang jelas, maka anda sudah dipastikan akan kalah telak! Perusahaan startup selain scopnya kecil, didalamnya terdapat berbagai orang yang berkualitas. Jika kita tidak bisa melampaui mereka, minimal kita mengikut mereka dengan momentum yang pas.\

Digital marketing memberikan beberapa manfaat yaitu:

1. Menghubungkan Anda dengan Konsumen di Internet

Saat ini konsumen sudah tak lagi mencari informasi mengenai suatu produk barang atau jasa melalui halaman iklan baris. Saat ini, setidaknya 80% konsumen menggunakan internet untuk memperoleh informasi mengenai produk barang atau jasa dengan lebih mudah dan nyaman.

 

Dengan banyaknya alat dan channel yang tersedia dalam pemasaran digital, pemilik usaha dapat mencapai target konsumen mereka yang rata-rata menghabiskan waktu mereka mencari informasi melalui internet.

2. Menghasilkan Penjualan yang Tinggi

Melalui digital marketing, Anda dapat menjangkau lebih banyak khalayak yang Anda targetkan. Anda juga dapat menghasilkan lead (prospek) dan mencapai peningkatan konversi (penjualan) sampai 24%. Pemasaran digital ‘membuka’ jalan upaya pemasaran yang akan membuahkan hasil yang menguntungkan.

3. Membuat Anda Lebih Hemat

 

Pemasaran Digital Gartnet mengeluarkan laporan yang menunjukkan bagaimana para pengusaha kecil kini sudah mendapatkan banyak keuntungan dari pemasaran digital. Contohnya saja, sebanyak 40% dari mereka melaporkan adanya efisiensi biaya yang ada pada usaha mereka.

Usaha kecil yang dimaksudkan disini adalah usaha atau perusahaan yang memiliki sumber daya terbatas. Pemasaran digital kemudian bisa membantu pemilik usaha, tidak hanya menghasilkan generasi dan konsumen baru, namun juga membantu menghemat pengeluaran pengusaha.

4. Mengaktifkan Layanan Pelanggan Real-Time

Pemasaran digital menawarkan Anda adanya mekanisme respon konsumen atau pelanggan real-time, yang akan memberikan dampak besar pada keberhasilan usaha Anda menurut laporan dari eMarketer.

Keuntungan dari chanel pelayanan yang disediakan oleh pemasaran digital diantaranya adalah menghasilkan pendapatan yang lebih besar, mempertahankan pelanggan dan memberikan kepuasan layanan terhadap konsumen.

Jumlah penduduk di Indonesia cukup banyak,hal itu yang membuat pengguna internet di Indonesia begitu banyak dan banyak di Antara mereka memulai bisnis digital marketing.bukan hanya itu saja,waktu yang dihabiskan untuk mengakses menggunakan internet bisa sekitaran 8 jam

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Game-game yang populer di masa pandemi

pengaruh covid-19 terhadap event balapan f1.

Formula E