Essay kewirausahaan digital

 

Nama:Rafli Alfian

Kelas:S1 Akuntansi C

NIM:1706620066

KEWIRAUSAHAAN DIGITAL

Masa depan ekonomi digital bisa menjadi salah satu sektor yang akan banyak memberikan kontribusi positif pada penguatan perekonomian Indonesia. Hal itu dapat dilacak dari menguatnya peran teknologi informasi dalam dunia bisnis. Apalagi hadirnya media sosial dalam konteks ekonomi digital semakin mengambil peran hingga membuka peluang usaha baru bagi masyarakat. Itulah yang menjadi indikator dari kemunculan fenomena kewirausahaan digital. Jika ditelaah, kewirausahaan digital berasal dari kata teknopreneur yang bermakna ‘wirausaha digital’ serta gabungan antara ‘teknologi’ dan ‘entrepreneur. Dengan demikian kewirausahaan digital adalah upaya pemanfaatan teknologi informasi dan bisnis yang semakin banyak digeluti oleh masyarakat. Jadi tidak heran bila kemudian, saban hari banyak start-up yang berbasis digital hingga .online shop kian menjamur dan memberikan beragam pilihan inovatif kepada masyarakat. Bahkan beberapa perusahaan rintisan Indonesia berbasis digital telah banyak mewarnai dinamika baru kehidupan masyarakat di era ekonomi digital. Sebut saja; Tokopedia, Bukalapak, Gojek dan masih banyak lainnya. ada banyak faktor yang mempengaruhi keputusan seseorang untuk berbelanja online. Di antaranya, pertama kenyamanan. Karena sebagian besar masyarakat mulai berusaha menghindari keramaian hingga berdesak-desakan saat berbelanja dipusat-pusat perbelanjaan. Kedua, kelengkapan informasi yang cepat dan mudah. Ketiga, ketersediaan produk dan jasa tanpa harus berkunjung ke toko tersebut. Keempat, efisiensi biaya dan waktu karena berbelanja melalui online dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Identifikasi itu mengonfirmasi bahwa online shop yang merupakan bagian dari kewirausahaan digital telah banyak menawarkan solusi berupa kemudahan dan kenyaman dengan tarif yang lebih murah.

Mengapa kewirausahaan digital itu penting? Berikut ini beberapa alasan mengapa kewirausahaan digital (digital marketing) itu penting

1. Digital Marketing dapat Memberikan Arah yang Pasti untuk Perusahaan. 

Alasan pertama mengapa digital marketing sangat penting adalah digital marketing dapat memberikan arah dan tujuan yang jelas dan pasti bagi orang-orang yang ada di dalamnya. Kebanyakan perusahaan yang berjalan tanpa digital marketing, mereka tidak memiliki tujuan strategis yang jelas. Mereka tidak ada bayangan yang tepat tentang tujuan apa saja yang ingin diraih oleh perusahaan melalui pemasaran secara online, terutama dalam perihal untuk mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan penjualan dan mematenkan hubungan antara produsen dengan konsumen secara lebih dalam di platform online. Tanpa digital marketing, kita tidak bisa memanfaatkan transformasi teknologi untuk bisa memberikan arah yang jelas pada pertumbuhan perusahaan.

 

2. Jika Tidak Memiliki Digital Marketing, maka Kompetitor akan Meraih Perhatian Pelanggan Kita. 

Lagi-lagi kami sampaikan bahwa perusahaan yang tidak memiliki digital marketing pasti akan sangat merugi. Ketika perusahaan kita tidak mengerahkan sumber daya yang kuat dan kompeten untuk menguasai digital marketing, maka kompetitor kita yang akan melakukannya. Penerapan digital marketing akan memudahkan para pebisnis dan pengusaha untuk bercengkrama langsung dengan konsumen baru atau para pelanggan setia mereka.

 

Sebuah bisnis tanpa pelanggan akan menjadi bisnis yang hampa. Jadi, jangan sampai para kompetitor kita mendapatkan perhatian dari target pelanggan kita hanya karena kita tidak menggunakan digital marketing atau tidak memaksimalkan penggunaannya yang telah dibangun di awal bisnis. Nah, mulai dari sekarang tetapkan strategi digital marketing yang tepat ya!

 

3. Digital Marketing Membantu Kita dalam Mengenal Target Pelanggan melalui Online. 

Jika kita tidak ingin target pasar atau target pelanggan kita diambil alih oleh para kompetitor, maka memaksimalkan penerapan digital marketing adalah solusinya. Dengan penerapan digital marketing yang maksimal, kita dapat mengetahui tingkat permintaan pelanggan secara online. Secara tidak langsung, kita akan lebih mengenal apa yang disukai dan tidak disukai oleh para target pelanggan kita. 

 

Dalam hal ini, kita bisa menggunakan kata kunci atau keywords yang disarankan oleh aplikasi Google untuk menarik perhatian para calon pelanggan ke situs bisnis kita. Jika salah satu keyword yang kita gunakan telah berhasil membawa mereka mengunjungi situs bisnis kita, maka kita tahu hal tersebut merupakan minat atau ketertarikan yang target pelanggan kita inginkan. 

 

Dalam menjalankan wirausaha digital, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi pelaku bisnis digital yaitu:

Persaingan Semakin Tinggi

Teknologi canggih mampu mengintegrasi saluran bisnis sehingga dapat dilakukan tanpa batasan ruang dan waktu. Efeknya, sebuah bisnis bisa menjalin kerja sama dengan bisnis lain di belahan dunia mana saja. Dan tentu saja, sebuah bisnis juga mendapatkan kompetitor dari berbagai bisnis lain di belahan dunia mana saja pula. Jika tidak dibarengi dengan inovasi yang terus menerus, maka bisnis akan tertinggal dari kompetitor. Selain itu, tantangan lain yang kerap ditemui ketika berhubungan dengan kompetitor adalah bagaimana caranya untuk bersaing secara sehat. Karena pada dasarnya hal tersebut memang sangat penting untuk diterapkan. Jika mampu bersaing dengan sehat, maka akan terbentuk iklim yang baik dalam bisnis.

Sumber Daya Manusia

Teknologi sudah diadopsi dalam bisnis, namun masih ada beberapa pekerjaan rumah lagi yang harus diselesaikan, yakni membuat sumber daya manusia yang dipekerjakan juga adaptif terhadap teknologi tersebut. Jangan sampai biaya besar yang dikeluarkan untuk pembaharuan teknologi malah tidak dapat dioptimalkan karena orang-orang yang terlibat tidak mampu untuk menggunakannya.

Sebuah bisnis yang ingin berjalan secara profesional dan berkembang butuh untuk merekrut sumber daya manusia yang memiliki kemampuan yang mencukupi. Selain itu, pemilik bisnis juga sebaiknya memberikan pelatihan tambahan serta melakukan upgrade keilmuan secara berkala untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ada beberapa kompetisi yang harus dimiliki wirausaha digital yaitu berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah serta kreativitas. Kemudian terdapat pula kompetensi kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama.Kemampuan berkomunikasi penting bagi wirausaha. Wirausaha harus bisa menjelaskan ide berulang kali,promosi ke investo atau pelanggan.Keterampilan komunikasi baik pribadi maupun professional adalah kunci sukses wirausahawan.Seorang wirausaha harus memiliki kecerdasan finansial.kecerdasan ini meliputi bagaimana cara seorang wirausahawan bisa mengedalikan arus kas agar keuangan usahanya tetap sehat.

Dalam menerapkan kewirausahaan digital perlu diterapkan beberapa strategi dalam melakukan bisnis digital yaitu:

1.Keunggulan kompetitif diperoleh dengan berfokus pada kepuasan pelanggan.Jadi dengan menerapkan strategi tersebut.Wirausaha bisa mengetahui barang atau jasa apa yang siap untuk diproduksi ataupun dikerjakan agar penghasilan wirausaha bisa meningkat dan membuat usahanya terus maju

2.Strategi omnichannel, strategi ini diterapkan untuk menghubungkan dunia offline ke online apalagi kita sudah masuk ke era digital dimana teknologi seperti menjadi kebutuhan primer.

3.Big data merupakan strategi dengan menggunakan SAP Bussines one untuk mendukung transaksi bisnis

4.Cybersecurity merupakan strategi yang harus diterapkan demi keamanan bisnis perusahaan

5.Kapabilitas digital untuk mendukung perusahaan masuk ke dunia digital demi kemudahan dalam bekerja

Salah satu contoh usaha berbasis digital yaitu took ritel digital. Toko ini hampir tidak membutuhkan sumber daya manusia, semuanya berbasis teknologi.pembayaran dilakukan secara otomatis jadi kita tidak merasa kesulitan dalam transaksi online.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Game-game yang populer di masa pandemi

pengaruh covid-19 terhadap event balapan f1.

Formula E