Essay kewirausahaan digital
Nama:Rafli Alfian
Kelas:S1 Akuntansi C
NIM:1706620066
KEWIRAUSAHAAN DIGITAL
Masa depan ekonomi digital bisa menjadi salah satu sektor
yang akan banyak memberikan kontribusi positif pada penguatan perekonomian
Indonesia. Hal itu dapat dilacak dari menguatnya peran teknologi informasi
dalam dunia bisnis. Apalagi hadirnya media sosial dalam konteks ekonomi digital
semakin mengambil peran hingga membuka peluang usaha baru bagi masyarakat.
Itulah yang menjadi indikator dari kemunculan fenomena kewirausahaan digital.
Jika ditelaah, kewirausahaan digital berasal dari kata teknopreneur yang
bermakna ‘wirausaha digital’ serta gabungan antara ‘teknologi’ dan
‘entrepreneur. Dengan demikian kewirausahaan digital adalah upaya pemanfaatan
teknologi informasi dan bisnis yang semakin banyak digeluti oleh masyarakat.
Jadi tidak heran bila kemudian, saban hari banyak start-up yang berbasis
digital hingga .online shop kian menjamur dan memberikan beragam pilihan
inovatif kepada masyarakat. Bahkan beberapa perusahaan rintisan Indonesia
berbasis digital telah banyak mewarnai dinamika baru kehidupan masyarakat di
era ekonomi digital. Sebut saja; Tokopedia, Bukalapak, Gojek dan masih banyak
lainnya. ada banyak faktor yang mempengaruhi keputusan seseorang untuk
berbelanja online. Di antaranya, pertama kenyamanan. Karena sebagian besar
masyarakat mulai berusaha menghindari keramaian hingga berdesak-desakan saat
berbelanja dipusat-pusat perbelanjaan. Kedua, kelengkapan informasi yang cepat
dan mudah. Ketiga, ketersediaan produk dan jasa tanpa harus berkunjung ke toko
tersebut. Keempat, efisiensi biaya dan waktu karena berbelanja melalui online
dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Identifikasi itu mengonfirmasi
bahwa online shop yang merupakan bagian dari kewirausahaan digital telah banyak
menawarkan solusi berupa kemudahan dan kenyaman dengan tarif yang lebih murah.
Mengapa
kewirausahaan digital itu penting? Berikut ini beberapa alasan mengapa
kewirausahaan digital (digital marketing) itu penting
1. Digital Marketing
dapat Memberikan Arah yang Pasti untuk Perusahaan.
Alasan pertama mengapa digital marketing sangat penting adalah
digital marketing dapat memberikan arah dan tujuan yang jelas dan pasti bagi
orang-orang yang ada di dalamnya. Kebanyakan perusahaan yang berjalan tanpa
digital marketing, mereka tidak memiliki tujuan strategis yang jelas. Mereka
tidak ada bayangan yang tepat tentang tujuan apa saja yang ingin diraih oleh
perusahaan melalui pemasaran secara online, terutama dalam perihal untuk
mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan penjualan dan mematenkan hubungan
antara produsen dengan konsumen secara lebih dalam di platform online. Tanpa
digital marketing, kita tidak bisa memanfaatkan transformasi teknologi untuk
bisa memberikan arah yang jelas pada pertumbuhan perusahaan.
2. Jika Tidak Memiliki
Digital Marketing, maka Kompetitor akan Meraih Perhatian Pelanggan Kita.
Lagi-lagi kami sampaikan bahwa perusahaan yang tidak memiliki
digital marketing pasti akan sangat merugi. Ketika perusahaan kita tidak
mengerahkan sumber daya yang kuat dan kompeten untuk menguasai digital
marketing, maka kompetitor kita yang akan melakukannya. Penerapan digital
marketing akan memudahkan para pebisnis dan pengusaha untuk bercengkrama
langsung dengan konsumen baru atau para pelanggan setia mereka.
Sebuah bisnis tanpa pelanggan akan menjadi bisnis yang hampa.
Jadi, jangan sampai para kompetitor kita mendapatkan perhatian dari target
pelanggan kita hanya karena kita tidak menggunakan digital marketing atau tidak
memaksimalkan penggunaannya yang telah dibangun di awal bisnis. Nah, mulai dari
sekarang tetapkan strategi digital marketing yang tepat ya!
3. Digital Marketing
Membantu Kita dalam Mengenal Target Pelanggan melalui Online.
Jika kita tidak ingin target pasar atau target pelanggan kita
diambil alih oleh para kompetitor, maka memaksimalkan penerapan digital
marketing adalah solusinya. Dengan penerapan digital marketing yang maksimal,
kita dapat mengetahui tingkat permintaan pelanggan secara online. Secara tidak
langsung, kita akan lebih mengenal apa yang disukai dan tidak disukai oleh para
target pelanggan kita.
Dalam hal ini, kita bisa menggunakan kata kunci atau keywords
yang disarankan oleh aplikasi Google untuk menarik perhatian para calon
pelanggan ke situs bisnis kita. Jika salah satu keyword yang kita gunakan telah
berhasil membawa mereka mengunjungi situs bisnis kita, maka kita tahu hal
tersebut merupakan minat atau ketertarikan yang target pelanggan kita
inginkan.
Dalam menjalankan wirausaha
digital, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi pelaku bisnis digital
yaitu:
Persaingan
Semakin Tinggi
Teknologi canggih mampu mengintegrasi saluran bisnis sehingga
dapat dilakukan tanpa batasan ruang dan waktu. Efeknya, sebuah bisnis bisa
menjalin kerja sama dengan bisnis lain di belahan dunia mana saja. Dan tentu
saja, sebuah bisnis juga mendapatkan kompetitor dari berbagai bisnis lain di
belahan dunia mana saja pula. Jika tidak dibarengi dengan inovasi yang terus
menerus, maka bisnis akan tertinggal dari kompetitor. Selain itu, tantangan
lain yang kerap ditemui ketika berhubungan dengan kompetitor adalah bagaimana
caranya untuk bersaing secara sehat. Karena pada dasarnya hal tersebut memang
sangat penting untuk diterapkan. Jika mampu bersaing dengan sehat, maka akan
terbentuk iklim yang baik dalam bisnis.
Sumber Daya
Manusia
Teknologi sudah diadopsi dalam bisnis, namun masih ada beberapa
pekerjaan rumah lagi yang harus diselesaikan, yakni membuat sumber daya manusia
yang dipekerjakan juga adaptif terhadap teknologi tersebut. Jangan sampai biaya
besar yang dikeluarkan untuk pembaharuan teknologi malah tidak dapat
dioptimalkan karena orang-orang yang terlibat tidak mampu untuk menggunakannya.
Sebuah bisnis yang ingin berjalan secara profesional dan
berkembang butuh untuk merekrut sumber daya manusia yang memiliki kemampuan
yang mencukupi. Selain itu, pemilik bisnis juga sebaiknya memberikan pelatihan
tambahan serta melakukan upgrade keilmuan
secara berkala untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi.
Ada beberapa kompetisi yang harus dimiliki wirausaha digital yaitu
berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah serta kreativitas. Kemudian
terdapat pula kompetensi kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama.Kemampuan
berkomunikasi penting bagi wirausaha. Wirausaha harus bisa menjelaskan ide
berulang kali,promosi ke investo atau pelanggan.Keterampilan komunikasi baik
pribadi maupun professional adalah kunci sukses wirausahawan.Seorang wirausaha
harus memiliki kecerdasan finansial.kecerdasan ini meliputi bagaimana cara
seorang wirausahawan bisa mengedalikan arus kas agar keuangan usahanya tetap
sehat.
Dalam menerapkan kewirausahaan digital perlu
diterapkan beberapa strategi dalam melakukan bisnis digital yaitu:
1.Keunggulan kompetitif diperoleh dengan berfokus
pada kepuasan pelanggan.Jadi dengan menerapkan strategi tersebut.Wirausaha bisa
mengetahui barang atau jasa apa yang siap untuk diproduksi ataupun dikerjakan
agar penghasilan wirausaha bisa meningkat dan membuat usahanya terus maju
2.Strategi omnichannel, strategi ini diterapkan
untuk menghubungkan dunia offline ke online apalagi kita sudah masuk ke era
digital dimana teknologi seperti menjadi kebutuhan primer.
3.Big data merupakan strategi dengan
menggunakan SAP Bussines one untuk mendukung transaksi bisnis
4.Cybersecurity merupakan strategi yang harus
diterapkan demi keamanan bisnis perusahaan
5.Kapabilitas digital untuk mendukung
perusahaan masuk ke dunia digital demi kemudahan dalam bekerja
Salah satu contoh usaha berbasis digital yaitu
took ritel digital. Toko ini hampir tidak membutuhkan sumber daya manusia,
semuanya berbasis teknologi.pembayaran dilakukan secara otomatis jadi kita
tidak merasa kesulitan dalam transaksi online.
Artikelnya memberikan insight baruu
BalasHapuskeren banget nihh! informatif sekali👍🏻
BalasHapusKerennn, setuju banget sama artikelnya 👍✨
BalasHapusArtikel yang bagus dan bermanfaat
BalasHapusartikelnya sangat bermanfaat
BalasHapuskeren artikelnya! sangat membantu dan bermanfaat sekali.
BalasHapusKerennnn!!!
BalasHapus